Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa Mina-san ^_^
Kali ini saya akan menulis artikel pertama saya di blog Bahasa Jepang Asik ini :D apa yang akan saya bahas di artikel ini ?

Ya, seperti halnya pada materi pembelajaran bahasa Jepang yang mainstream, yaitu memeperkenalkan diri atau dalam bahasa Jepang nya 自己紹介 (Jiko Shoukai) :D ya sekalian memperkenalkan diri saya kepada Anda yang membaca artikel kali ini, yuk langsung saja kita bahas.



Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jepang

Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jepang

Pertama tama yang harus Anda ucapkan adalah :

初めまして。
Hajimemashite.
Salam kenal.

Hajimemashite ini adalah ungkapan umum untuk memperkenalkan diri kepada orang yang baru saja Anda kenal, dan terjemahan nya adalah "Salam Kenal" atau "Hai, kita baru pertama kali ketemu ya" :)
Kata ini tidak dapat diucapkan kepada orang yang sudah pernah Anda temui atau yang sudah Anda kenal.

Lanjut :D

私はアーサンです。
Watashi wa Ahsan desu.
Saya Ahsan.

Watashi adalah kata ganti orang pertama yang bermakna "Saya" dan disambung dengan kata wa (wa adalah partikel yang menunjukkan subjek yaitu "Saya").

Disambung dengan Ahsan yang merupakan nama saya, nama diatas menggunakan huruf katakana yang berbunyi "Aasan" panjang huruf A dua ketukan, hal ini disebabkan karena huruf konsonan "H" tidak ada dalam bahasa Jepang.

Dilanjut dengan kata Desu (dibaca : Des) yang merupakan kata sopan untuk mengakgiri kalimat, arti dari kata desu ini tidak mutlak atau tidak ada arti yang pasti.

ボジョネゴロから来ました。
Bojonegoro kara kimashita.
Saya berasal dari Bojonegoro / Saya datang dari Bojonegoro.

Memperkenalkan tempat asal biasanya dilakukan setelah memberitahuan nama, Bojonegoro adalah kota asal saya yang ditulis dengan Katakana.

Kara dalam konteks kali ini bermakna asal saya dari mana, lalu dilanjut dengan Kimashita yang merupakan bentuk lampau dari kata kerja Kimasu yang artinya Datang.

Secara harfiah, artinya "Saya datang dari Bononegoro" atau "Saya berasal dari Bojonegoro"

よろしくお願いします。
Yoroshiku Onegaishimasu.
Senang bertemu dengan Anda

Ungkapan ini pasti diucapkan saat perkenalan, yang secara harfiah berarti senang bertemu denganmu :D
Ungkapan ini juga bisa digunakan saat menyerahkan suatu pekerjaan (amanah) pada seseorang yang dalam konteks tersebut berarti "Saya percayakan kepada Anda".

Jadi kalimat memperkenalkan diri diatas secara lengkap begini :

初めまして。
Hajimemashite.
私はアーサンです。
Watashi wa Ahsan desu.
Saya Ahsan.
ボジョネゴロから来ました。
Bojonegoro kara kimashita.
Saya berasal dari Bojonegoro / Saya datang dari Bojonegoro.
よろしくお願いします。
Yoroshiku Onegaishimasu.
Senang bertemu dengan Anda

Dalam perkenalan formal biasanya menggunakan ungkapan berikut ini :

初めまして。
Hajimemashite.
私はアーサンと申します。
Watashi wa Ahsan to moushimasu.
Saya Ahsan.
よろしくお願いします。
Yoroshiku Onegaishimasu.
Mohon Kerja Sama Nya.

Huruf dalam bahasa Jepang akan dibahas pada artikel selanjutnya. Silahkan perkenalkan diri Anda di kolom komentar dibawah ya ^_^
Baca Juga : Pengucapan Salam Dalam Bahasa Jepang

Sekian artikel tentang Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jepang kali ini, sampai jumpa di artikel blog Bahasa Jepang Asik ini selanjutnya ya ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Huruf Hiragana Lengkap : Standar, Tenten, Maru dan Yoon

Nama Binatang / Hewan dalam Bahasa Jepang

Cara Menulis Huruf Katakana Mudah Untuk Pemula