Tips Cara Menghafal Huruf Hiragana dan Katakana Ampuh

Konnichiwa mina-san ^_^
Ahsan desu, kali ini saya akan bahas Tips Cara Menghafal Huruf Hiragana dan Katakana Ampuh.
Kan kemarin saya sudah share tentang cara menulis huruf hiragana dan cara menulis huruf katakana, sekarang saat nya melanjutkan pembahasan di Bahasa Jepang Asik yaitu tips dan trik agar cepat menghafal kedua huruf tersebut.

Tips Cara Menghafal Huruf Hiragana dan Katakana Ampuh
Cara Menghafal Huruf Hiragana dan Katakana

Trik yang akan saya tulis disini adalah apa yang saya lakukan dulu ketika belajar menghafalkan huruf hiragana dan katakana, dan hasilnya cukup efektif dan cepat untuk menghafal keseluruhan huruf itu hehe ^_^ Semoga Anda juga mendapatkan hasil yang bagus dengan tips dan trik yang akan saya share ini.

Oke langsung saja ke inti pembahasan ya, metode yang saya gunakan kurang lebih ada 3, dan akan saya bahas satu per satu, tolong baca dengan baik tiap poin nya ya ^_^

Tips Cara Menghafal Huruf Hiragana dan Katakana Ampuh


1. Menulis Berulang Kali Tiap Huruf

Menulis ber ulang kali setiap huruf adalah metode yang sangat bagus untuk digunakan, karena selain Anda menghafal cara membaca nya, Anda juga akan mahir untuk menulis aksara hiragan dan katakana.

Biasanya saya menulis minimal 5 kali setiap huruf, dan setiap hari menghafal minimal 5 huruf (Tergantung kesibukan) jadi misal nya hari ini saya belajar menghafal huruf A, I, U, E dan O.
Maka saya akan meng ulang menulis huruf A di buku saya minimal 5 kali sehingga saya benar benar mengingat pola guratan nya, begitu juga dengan huruf yang lain nya.

2. Merangkai Kata Dengan Huruf Yang Dihafal

Untuk mempertajam ingatan terhadap huruf yang saya hafal setiap hari, saya biasanya menulis ulang huruf yang sudah saya ketahui dan merangkai nya menjadi sebuah kata.

Cara ini juga cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan menghafal dan menulis, saya saat melakukan metode ini bahkan sudah menjadi spontan dalam merangkai huruf dan menjadi sebuah kata.

Contohnya misalkan hari ini Anda menghafalkan huruf A, I, U, E dan O maka cari kata yang menggunakan salah satu dari ke 5 huruf diatas, seperti kata AI あい (Cinta) AO あお (Biru) UE うえ (Atas) hari berikutnya menghafalkan huruf Ka, Ki, Ku, Ke, dan Ko maka anda bisa merangkai kata seperti KAO かお (Wajah) KOE こえ (Suara) KAU かう (Membeli) AKA あか (Merah) EKI えき (Stasiun) dan masih banyak yang lainya.

3. Menulis Sebuah Kalimat dan Membaca Ulang Kalimat Tersebut

Nah, trik yang terakhir yang akan saya share juga sangat powerfull untuk Anda terapkan, trik ini akan membuat ingatan Anda terhadap huruf hiragana dan katakana lebih melekat, bahkan sama seperti menulis huruf alfabeth, karena sudah hafal tanpa harus berfikir :D

Yaitu menulis sebuah kalimat dari huruf yang Anda hafal lalu membaca nya kembali, setelah Anda menghafal semua maka cobalah melakukan trik ini, maka dengan banyak latihan dengan metode ini InsyaaAllah kemampuan membaca dan menulis huruf hiragana dan katakana Anda akan sangat bagus bahkan tanpa harus berfikir, langsung spontan seperti Anda menulis dan membaca alfabeth.

Baca Juga :
Ucapan Salam Dalam Bahasa Jepang

Sekian tips dan trik kali ini tentang Tips Cara Menghafal Huruf Hiragana dan Katakana Ampuh semoga memberikan manfaat untuk Anda ^_^
Komen dan Share ya :) Sampai jumpa di pembahasan Bahasa Jepang Asik selanjutnya ^_^
ありがとうございました

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Huruf Hiragana Lengkap : Standar, Tenten, Maru dan Yoon

Nama Binatang / Hewan dalam Bahasa Jepang

Cara Menulis Huruf Katakana Mudah Untuk Pemula